Resep Puding Gula Jawa: Cara Membuat Puding Gula Jawa Yang Lezat

Resep Puding Lumut Gula Jawa
Resep Puding Lumut Gula Jawa from resepterpopuler.blogspot.com

Puding gula Jawa adalah salah satu jenis makanan yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang lezat dan kaya akan aromanya membuat banyak orang menyukainya. Bahkan, sejumlah resep kue puding gula Jawa telah dibuat dan dibagikan di berbagai forum online.

Satu hal yang pasti, bahwa mencoba membuat puding gula Jawa sendiri di rumah juga sangat menyenangkan. Jika Anda ingin mencobanya, berikut adalah resep puding gula Jawa yang Anda dapat coba. Semoga Anda nikmati saat membuat dan menikmati puding gula Jawa yang lezat ini.

Bahan-bahan Yang Dibutuhkan

Untuk membuat puding gula Jawa yang lezat, Anda memerlukan beberapa bahan utama, seperti berikut:

- 1 cangkir tepung beras
- 1 cangkir gula Jawa
- 1/2 cangkir gula pasir
- 1/2 cangkir santan kental
- 2 lembar daun pandan
- 1/2 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh baking powder
- 2 sendok makan minyak goreng
- 1/2 cangkir air

Langkah-langkah Membuat Puding Gula Jawa

Langkah pertama adalah Anda harus mencampur tepung beras, gula Jawa, gula pasir, santan kental, dan daun pandan dalam wadah. Aduk semua bahan sampai rata. Jika Anda menggunakan mixer, gunakan kecepatan rendah untuk menghindari kerak. Setelah itu, tambahkan garam, baking powder, minyak goreng, dan air ke dalam adonan. Aduk rata sampai semua bahan tercampur dengan merata.

Langkah kedua adalah Anda harus menyalakan api sedang. Tuang adonan Anda ke dalam wajan, dan aduk terus sampai adonan berubah menjadi kental. Selama proses ini, Anda harus selalu mengaduk adonan dengan spatula agar tidak mudah gosong. Setelah adonan kental, angkat dan tuang ke dalam cetakan puding yang telah diolesi minyak goreng.

Langkah ketiga adalah masukkan cetakan puding ke dalam oven yang sudah dipanaskan. Panggang puding dengan suhu 170 derajat Celcius selama 30 menit. Setelah itu, cek apakah puding sudah matang dengan menyisipkan tusuk gigi ke dalam puding. Jika tusuk gigi tidak menempel, berarti puding sudah matang. Angkat puding dari oven, biarkan dingin, dan puding siap untuk disajikan.

Cara Mengolah Puding Gula Jawa

Selain dapat disajikan begitu saja, Anda juga bisa mengolah puding gula Jawa dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling populer adalah dengan menggunakan toping coklat. Anda bisa mencampurkan coklat bubuk dengan sedikit air, dan tuangkan di atas puding setelah puding sudah dingin. Anda juga bisa menambahkan potongan buah segar, seperti strawberry atau blueberry, untuk memberikan warna dan rasa yang berbeda.

Selain dengan toping coklat, Anda juga bisa menggunakan toping kacang. Anda bisa menggoreng kacang tanah dan kacang mete di minyak goreng, hingga berwarna keemasan. Setelah itu, hancurkan kacang-kacangan tersebut, dan tuangkan di atas puding. Anda juga bisa menambahkan potongan buah segar, sesuai selera.

Cara Menyimpan Puding Gula Jawa

Puding gula Jawa bisa disimpan dalam kondisi dingin, selama kurang lebih 3-4 hari. Anda bisa menyimpannya di dalam lemari es atau kulkas, atau jika Anda ingin lebih lama menyimpannya, Anda bisa membekukannya di freezer. Namun, Anda harus tahu bahwa jika puding disimpan terlalu lama, atau di bekukan, teksturnya akan berubah, dan tidak akan selezat puding yang baru saja dimasak.

Resep Puding Gula Jawa Yang Lezat

Itulah resep puding gula Jawa yang dapat Anda coba di rumah. Dengan sedikit bahan, Anda bisa membuat sebuah puding yang lezat dan menggugah selera. Selain enak, membuat puding gula Jawa juga tidak sulit. Jadi, mulailah membuatnya sekarang juga, dan nikmati puding gula Jawa yang lezat dan nikmat.

Comments

Popular posts from this blog

Review Of Cara Membuat Arisan Menurun References

Cara Mengatasi Asam Urat Di Tangan Dengan Mudah

+16 Cara Menghitung Penurunan Konsolidasi 2023