Pemandian Air Panas Alami Cangar – Kerikil, Malang


Wisata pemandian alami air panas cangar ini terletak di kaki gunung Welirang, tepatnya 3.000 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, udara di rekreasi ini cukup masbodoh.





Namun uniknya wisata ini memperlihatkan pemandian air panas yang mengandung sulfur. Makara, bagi turis yang tak tahan dengan udara hambar juga mampu main-main ke sini. Tiket masuknya juga cukup terjangkau dan kemudahan yang lengkap menciptakan pelancong terus berdatangan.






Perjalanan Ke Pemandian Air Panas Cangar





Jika berkunjung ke Batu Malang, ada baiknya singgah ke pemandian air panas Cangar, tepatnya di Dusun Cangar, Sumber Brantas. Wisata ini termasuk ke dalam kawasan Taman Hutan Rakyat (TAHURA R. Soerjo).





Kawasan wisata pemandian air panas buka mulai pukul 7 pagi hingga pukul 4 sore. Setelah hingga, eksklusif saja membayar tiket masuk yang cukup murah, ialah sekitar 15 ribu rupiah saja.





cangar malang




Lokasi pemandian Cangar hanya berjarak 18 km dari pusat Kota Batu dan cuma mampu ditempuh dengan kendaraan langsung. Sebab, belum ada kendaraan biasa yang masuk ke sana.





Untuk rute-nya, jika berangkat dari Kota Batu maka menuju ke arah barat kemudian belok ke arah timur lalu lurus saja hingga di area rekreasi. Jalan yang dilalui sedikit berkelok, namun akan terbayar dengan keindahan alam wisata pemandian air panas Cangar ini. Ketika melihat gerbang masuk tempat TAHURA R. Soerjo, maka di situlah pemandian air panas Cangar berada.





Petualangan Seru di Pemandian Air Panas Cangar





Wisata alam pemandian air panas ini berdekatan dengan perbatasan kawasan Mojokerto. Jalur yang dipakai juga merupakan rute ke rekreasi Coban Talun dan Selecta, jadi jalannya kondusif dan ramai.





Tak cuma pemandian air panas, di area wisata ini juga menawarkan banyak sekali wahana atau obyek wisata lain. Sehingga turis bisa explore lebih banyak.





1. Pemandian Air Panas Bertingkat





Sesampainya di kawasan pemandian, hadirin akan mendapati bak pemandian air panas yang bertingkat-tingkat. Ternyata, masing-masing tingkatan kolam menunjukkan tingkat panasnya air, mulai dari hangat, sedang hingga sangat panas.





Ada 5 macam bak yang ada di disini, adalah 3 bak utama dan 2 kolam renang. Salah satu dari bak utama tersebut yakni yang khusus untuk perempuan. Jika ingin lebih privasi, mampu mandi di kolam kamar mirip sauna yang cuma boleh dimasuki satu orang.





Uniknya, pemandian air panas ini terbentuk secara alami dan dipercaya memiliki kegunaan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Banyak pengunjung yang tiba dengan tujuan mengobati penyakit mereka.





Sebenarnya, dari segi kesehatan hal ini mampu diterangkan dari kandungan belerang pada air panas tersebut. Belerang memang dibilang bisa menyembuhkan penyakit-penyakit kulit.





2. Berkemah di Camping Ground





Bagi wisatawan yang suka menginap dan berkemah, disini tersedia area Camping Ground yang cukup luas. Namun untuk mampu mendirikan tenda, kita mesti izin dulu terhadap pengelola wisata yang diatur oleh Perhutani.





tenda camping




3. Melihat Satwa Lutung Jawa Berkeliaran Bebas





Selain panorama yang alami, di sekeliling kawasan pemandian air panas Cangar juga menjadi habitat bagi berbagai jenis satwa. Hewan-binatang ini berkeliaran bebas dan tersadar kelestariannya semoga terndar dari kepunahan.





lutung jawa




Pengunjung akan merasakan sensasi mandi air panas dikelilingi pemandangan indah dan satwa kera jenis Lutung Jawa yang bergelantungan. Tentu ini menjadi pengalaman yang seru dan sekaligus menegangkan.





4. Ada Villa dan Aula





Meski masih sungguh alami dan memerlukan perjuangan untuk hingga ke tempat ini, ternyata fasilitasnya cukup lengkap. Di area rekreasi ini terdapat taman yang cukup luas untuk anak-anak bermain. Banyak bangku atau bench untuk duduk-duduk kalem.





Bagi yang ingin menikmati indah dan alaminya rekreasi ini, mampu bermalam di villa yang tersedia. Harga sewanya pun cukup terjangkau, sekitar 500 ribu per malam dan satu kamar mampu di isi lebih dari satu orang. Hal yang menawan, villa ini juga menawarkan aula yang mampu disewa oleh wisatawan. Bisa untuk program keluarga, pertemuan atau acara kantor dan yang lain.





5. Bermain Flying Fox di Taman Bermain





Di area rekreasi ini juga banyak hal-hal yang seru lain yang bisa dilakukan. Salah satunya yakni bermain flying fox. Bukan hanya menawarkan rekreasi yang rileks, tetapi juga ada wahana seru yang layak dicoba. Makara, tidak mandi air panas pun bisa berpetualang seru di sini.





flying fox




6. Berburu Kuliner dan Souvenir





Beberapa wisatawan mungkin cemas mengenai ketersediaan masakan yang ada di rekreasi Cangar. Oleh alasannya adalah itu, banyak yang menjinjing bekal atau persediaan makanan atau kudapan dari rumah.





Padahal, di dalam area wisata ini banyak tersedia warung-warung masakan, minuman, makanan ringan atau gorengan dengan harga yang cukup terjangkau. Bagi wisatawan yang suka berburu oleh-oleh, banyak buah tangan khas Kota Batu Malang yang diperdagangkan.





Bahkan di perjalanan saat menuju area wisata ini pun telah banyak pedagang berjualan di pinggir jalan. Umumnya, mereka menjual buah tangan khas Kota Batu Malang, yakni tape ketan.





7. Mengunjungi Gua Peninggalan Jepang





Area wisata pemandian air panas Cangar ini cukup luas dan banyak pemandangan yang bisa dinikmati. Selain mandi dan berendam, hadirin juga mampu berkeliling menikmati indahnya hutan yang dipenuhi pepohonan rindang.





Tak hanya itu, di sini juga terdapat Gua peninggalan zaman penjajahan Jepang. Gua ini masih alami dan biasanya digunakan sebagai kawasan tinggal kera jenis Lutung Jawa. Ada salah satu Gua juga yang direnovasi dan mampu dilihat hadirin hingga ke dalam, meski kedalamannya hanya sekitar satu meter.





Fasilitas Wisata Lengkap dan Nyaman





Wisata pemandian air panas Cangar ini berada di kawasan Taman Hutan Rakyat TAHURA R. Soerjo. Kawasan ini diatur oleh kantor Perhutani, maka dari itu jika ada pengunjung yang ingin berkemah mesti izin dahulu ke perhutani.





Meski jalan menuju kesini cukup berkelok, ternyata pengelolaan rekreasi ini cukup baik. Tersedia banyak opsi wisata seperti pemandian air panas, pemandangan hutan yang asri, menyaksikan langsung satwa Lutung Jawa dan lainnya.





Fasilitas umumnya juga lengkap dan nyaman, tersedia toilet, kamar mandi yang higienis dan juga musholla untuk ibadah umat muslim. Area parkirnya juga luas dan terdapat taman bermain. Berdasarkan pengalaman, disarankan berkunjung ketika weekdays saja, karena di saat weekend pengunjung membludak dan ramai sekali.


Comments

Popular posts from this blog

Review Of Cara Membuat Arisan Menurun References

Cara Mengatasi Asam Urat Di Tangan Dengan Mudah

+16 Cara Menghitung Penurunan Konsolidasi 2023