Hari Penanggulangan Degradasi Lahan Dan Kekeringan Sedunia


Kekeringan adalah keadaan kelemahan pasokan air di sebuah wilayah dalam periode waktu lama, bahkan hingga bulan hingga bertahun-tahun. Kondisi ini dipengaruhi oleh banyak sekali aspek, meliputi kondisi geografis, pergeseran iklim serta degradasi lahan yang memperparah cadangan air tanah.





Setiap tahun pada tanggal 17 Juni diperingati selaku Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia. Hari ini ditetapkan oleh PBB pada Majelis Umum PBB tahun 1994. Tujuan kampanye ini ialah untuk memajukan kesadaran warga dunia wacana degradasi lahan yang terjadi di seluruh dunia.






Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia





Para kegiatan lingkungan hidup memanfaatkan hari ini untuk berkampanye dengan informasi ke seluruh masyarakat dunia bahwa diprediksi pada tahun 2025 setidaknya ada 1,8 milyar masyarakatbumi akan mengalami kesulitan menerima air higienis.





Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia




Itu artinya ²/ᴣ penduduk dunia hidup dengan kelangkaan air. Kemudian diperkirakan pada tahun 2045 sekitar 135 juta masyarakatbumi akan berpindah kawasan tinggal alasannya degradasi lahan.





Dengan menawarkan edukasi tentang masalah ini, diperlukan penduduk bumi lebih mengamati lingkungan sekitar serta mulai melakukan langkah-langkah yang bisa menghalangi kenaikan degradasi lahan dan kekeringan.





Degradasi Lahan di Indonesia





Di Indonesia, degradasi lahan lazimnya terjadi di semua daerah, baik di pulau Jawa, Sumatera, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Maluku, maupun Papua seluruhnya tengah menghadapi bahaya ini. Lahan dengan produktivitas sangat minim ialah ciri dari tempat yang sedang mengalami degradasi. Salah satu dampaknya ialah abrasi atau longsoran tanah.





kekeringan




Degradasi lahan mampu disebabkan sebab beberapa hal, antara lain yakni bertambahnya populasi manusia, bencana alam, pengelolaan lahan yang tidak sempurna, penggunaan bahan kimia berlebihan, dan proses rehabilitasi pasca penambangan yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.





Kegiatan dan Partisipasi





Untuk mengisi kampanye degradasi lahan dan kekeringan, kita bisa berpartisipasi melalui cara-cara berikut, yaitu:





  1. Tidak memakai air secara berlebihan serta menutup keran jikalau tamat dipakai.
  2. Menanam dan merawat tanaman secara alami, sebisa mungkin tidak memakai materi kimia.
  3. Melestarikan hutan, tanaman dan fauna.
  4. Membuang sampah pada tempatnya.

Comments

Popular posts from this blog

Review Of Cara Membuat Arisan Menurun References

Cara Mengatasi Asam Urat Di Tangan Dengan Mudah

+16 Cara Menghitung Penurunan Konsolidasi 2023